Home > Blogosphere, World Of ICT > Penipuan berkedok Batam Elektronik di Facebook

Penipuan berkedok Batam Elektronik di Facebook

Hilaf….   kata tersebut tepat untuk menggambarkan posisi saya sebelum tersadar bahwa telah menjadi salah satu  korban penipuan.  Awal kisah diceritakan beberapa hari yang lalu melihat posting iklan penjualan barang elektronik di media jejaring sosial Facebook dengan harga super fantastis, coba dibayangkan camera DSLR D90 kamera besutan NIKON mau dilepas dengan harga 3,4 Juta padahal harga normal jual body saja bisa 8 Jutaan. WOW….  seketika itu juga berdesir hati untuk secepatnya bisa memiliki itu kamera. Hmm… cukup lama saya melihat halaman penawaran Online ini ditambah firendlist mereka hingga 2000 orang, semakin kuatlah keinginan saya untuk menghubungi Toko Virtual ini. Tanpa menunggu berlama lama langsung saja saya menghubungi nomor kontak yang tertera dihalaman info account facebook, pada saat itu mereka memberi nama TOKO Online-nya “BINTANG ELEKTRONIK” . SMS pun meluncur menanyakan berapa harga barang, ready stok atau tidak, spesifikasi seperti, sempat bingung juga karena SMS saya tidak langsung dibalas, tak lama berselang handphone saya pun berdering terlihat bahwa info nomor handphone berasal dari si Empunya Toko Online.

Session percakapan pun dimulai, saya  memperkenalkan diri dengan begitu semangatnya, tak kalah dengan saya di penelponpun demikian. Si DOI pun menjelaskan dengan cara seksama bagaimana mekanisme transaksi barang, dengan still yakin bahwa setelah uang ditransfer maka barang akan langsung dikirim via JNE dengan terlebih dahulu pihak mereka mengirimkan nomor resi untuk pengecekan realtime keberadaan barang. Tanpa menaruh rasa curiga sedikitpun saya lantas langsung percaya atas penjelasan tersebut, entah ada unsur  HIPNOTIS atau memang kebawa hawa Nafsu yang berlebihan untuk segera memiliki Kamera DSLR NIKON D90 tadi, akhirnya saya kirimkan alamat lengkap rumah saya berikut meminta nomor rekening yang digunakan untuk transaksi.  Tumben setumben tumbennya saya tidak cek sebelumnya keberadaan toko online ini diforum-forum Jual Beli Populer semisal Kask*s hufft……Handphone pun berdering, saya lihat ternyata ada surat masuk dari si DOI yang menginformasikan Nomor Rekening agar saya segera mengirimkan 50%  dari harga barang. saya masih simpan Nomor rekeningnya BNI a.n IBU ISHABELIANA HUSEIN norek 0176591999 , sejenak saya merenung sedari dulu sering  bergelut dengan dunia perbelanjaan online baru kali ini ada toko meminta 50% dari harga dulu ditransfer biasanya mereka minta langsung 100%, lamuman ini pun sontak terbuyar terkalahkan dengan bayangan ingin  segera memiliki si DSLR.  Akhirnya tepat seusai makan siang tak tahan sudah jari ini langsung saja  mengetikkan SMS TRF SEKIAN-SEKIAN NOREK PIN dan kirim ke 3636, system kemudian langsung membalas konfirmasi atas suksesnya transfer tadi.  SMS Konfirmasi inipun langsung seketika saya forward ke nomor si DOI. dan meminta agar barang lekas dikirim. DOI pun membalas OK Bos barang paling telat hari Sabtu sampe ditujuan.

Sorepun berlalu berganti malam,  dikeheningan malam terbayang itu kamera bakal saya berdayagunakan untuk jebrat-jebret sana sini dengan harapan atas gambar hasil DLSR yang konon kabarnya sangat memuaskan. Keesokan harinya tepat hari jumat, aktifitaspun tetap berjalan padahal hari tersebut adalah libur nasional atas hari raya paskah, namun apa hendak dikata tugas negara menuntut saya musti tetap kerja untuk pemberkasan hasil jawaban LJK UN (Ujian Nasional) SMA se Provinsi Lampung. Jum’at pun lewat.

Sabtu tepat tanggal 23 April 2011 adalah hari yang sangat bersejarah jika sesuai dengan rencana maka saya bisa menikmati kecanggihan DSLR kamera. Pagi berlalu…. lanjut kesiang ……akhirnya sorepun datang…… hmm. barang pesanan saya pun tak kunjung tiba. Sudah muncul pertanyaan serta bayangan jangan-jangan…jangan-jangan…. Untuk memastikannya saya pun langsung menghubungi si Bintang elektronik ini lantas menanyakan No Resi JNE yang dijanjikan, hingga sore itu Heri (Ngakunya di telpon) mengatakan akan segera mengirimkan no resi JNE atas barang saya via sms. Detik berganti… menit lalu… berganti jam ….SMS no resi juga tak kunjung dikirimkan, hmm cocok… semakin buat pikiran berasa sedikit galau. SMS berikutnyapun saya luncurkan menanyakan ulang kabar keberadaan barang. Nah untuk kali itu SMS saya tidak dibalas. tanpa mengenal lelah sayapun mencoba kembali menanyakan hingga kesekian kalinya SMS saya pun juga tidak dibalas. Via Phone-pun juga tidak dijawab. Thats..it…   HILANG SIRNA SUDAH HARAPAN … tidak kabar kejelasan. Dari sini saya pun menyadari bahwa sudah menjadi salah seorang korban penipuan.

Seninnya saya minta istri untuk mengecek keberadaan rekening BNI a.n IBU ISHABELIANA HUSEIN norek 0176591999 , thefact is rekening ini adalah rekening fiktif, nomor handphone serta alamat pada saat registrasi tidak jelas keberadaannya, setelah ditelusuri  ternyata   banyak ditemukan dana transfer masuk kerekening ini. saldo transaksipun beragam ada ratusan ribu hingga ke jutaan rupiah, saldo terakhir terlihat hanya sisa 40.000 saja, uniknya si HERI Taun ini langsung mengambil uang via ATM seketika pada saat uang transferan sudah masuk. dan Uniknya lagi ternyata rekening ini empunyanya berasal dari Jakarta Timur jauh sekali lokasinya dari BATAM, dan uniknya juga transaksi penarikan uang dari rek tersebut banyak berasal dari wilayah sulawesi tepatnya PARE PARE.

Jurus pamungkas pun saya keluarkan, dengan membuat surat pengaduan ke BNI atas penipuan oleh pemilik rekening tersebut sayapun meminta pemblokiran atas rekening tersebut untuk menghindari korban korban selanjutnya. Tak lupa saya pun mengirimkan SMS kepada si DOI, kira kira begini bunyinya. “INGAT BUNG DUNIA HANYA PERSINGGAHAN SEMENTARA, MASIH ADA ALAM AKHIRAT YANG KEKAL ABADI, SEMOGA ANDA SEGERA SADAR, TERIMA KASIH”

Demikianlah kisah ini saya tulis, hikmah yang bisa saya tarik adalah pastinya selama ini saya kurang bersedekah, diingatkan oleh Alloh melalui kejadian , mudah-mudahan menjadi pelajaran agar selalu berhati hati dalam segala aktifitas.

O iya pesan saya jika ada yang menawarkan barang-barang Elektronik dengan iming iming harga murah hingga 60 %, barang baru hasil BlackMarket / BM semuanya adalah DUSTA, entah namanya ADIL ELEKTRONIK, BINTANG ELEKTRONIK, ECOMMERCE dst, dsb.

So WASPADALAH…WASPADALAH…WASPADALAH..

Kiat Sukses Menjadi Seorang Network Engineer

Categories: Blogosphere, World Of ICT Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
You must be logged in to post a comment.