Archive

Archive for November, 2011

Daftar Lengkap Perolehan Medali SEA Games XXVI hingga 21 November 201

November 21st, 2011 No comments

Daftar Perolehan Medali Sea Games XXVI. Indonesia Terbanyak Medali Emas. Perolehan Medali Emas Indonesia. Update Perolehan Medali Sea Games 2011. Indonesia masih unggul di puncak klasemen sementra sea games xxvi 2011 hingga tanggal 21 November 2011. Dari awal dimulainya sea games xxvi sampai sekarang Indonesia tetap berada di puncak klasemen dengan perolehan medali emas terbanyak.

No. Peringkat Negara Emas Perak Perunggu Total Medali
1 Indonesia 154 130 116 40
2 Thailand 95 83 105 283
3 Vietnam 87 85 91 263
4 Malaysia 52 45 70 167
5 Singapura 41 43 71 155
6 Filipina 27 47 69 143
7 Myanmar 11 23 26 62
8 Laos 9 7 35 51
9 Kamboja 4 11 20 35
10 Timor Leste 1 1 5 7
11 Brunei 0 3 7 10

Categories: Blogosphere Tags:

Ombay Akas

November 17th, 2011 No comments

Foto disamping adalah Nenek dari sebelah Papa, Hj. Masnun namanya para cucung biasanya memanggil ombay kepada beliau. Di tengah usia senjanya ombay terlihat cukup energik jika dibandingkan dengan Nenek lain seumurnya, konon kabarnya ombay dahulu semenjak  muda tergolong dalam wanita yang gigih membantu suami turut bekerja di ladang, maupun berdagang. mungkin karena inilah maka dari sisi fisik ombay dapat dikatakan masih gagah berjalan diatas kedua kakinya sendiri, indra pendengaran pun terlihat baik, terbukti dari diskusi/ngobrol berjalan secara dua arah, Ombay telah sejak lama tinggal di daerah Pagelaran (Pringsewu) tepatnya di daerah pasar disamping gedung alun-alun pertemuan. Ombay sendiri adalah keturungan Kumoring Asli Minanga Palembang, dulu sejarahnya leluhur nenek moyang secara serentak bersama-sama melakukan transmigrasi bedol desa berhijrah dari Dusun Kumoring di Palembang menuju ke daerah Pagelaran. Sempat mendengar kisah sejarah dari ombay yang menyebutkan bahwa tetua-tetua adat kumoring berhijrah dalam motif ekonomi (dagang, berkebun,dll).  Saat ini adik beradik ombay tinggal dua, anak pertama ombay, dan anak bungsu Akas Nahriri (Pensiunan dosen FKIP Universitas Sriwijaya) yang saat ini tinggal di bukit besar, sedangkan adik-adik lainnya telah menghadap terlebih dahulu menghadap-Nya.  Dalam hidup dan kehidupannya ombay dikenal dengan pola hidup sederhana dan bersahaja, namun tetap dengan prinsip tegas bahwa anak-anaknya harus sekolah agar taraf hidup anak-anaknya lebih baik dari ombay.

Jika bertemu dengan ombay saya jarang berbicara bahasa indonesia, saya lebih memilik menggunakan bahasa kumoring hanya untuk sekedar  bercanda atau bercerita terkait aktifitas sehari hari, dengan logat Kumoring saya yang masih belepotan sering kali ombay terlihat tertawa dan tersenyum lebar sambil mengkoreksi atas kesalahan intonasi dan ucapan saya.

Ritual pertama kali ketika bertemu ombay pastinya adalah “salim”, ritual ini telah diajarkan oleh kedua orang tua saya, dan wajib hukumnya apabila bertemu dengan orang yang dihormati dan dituakan.  Selepas salim langsung tuh saya cecar dengan pertanyaan bahasa kumoring

Saya :  Api kabar Ombay….  [Apa Kabar Ombay]
Ombay : Alhamdulillah, nyak sihat  u…., sanipa niku khrik uyuk [Alhamdulillah, ombay sehat, bagaimana kabar kamu dan cucung]
Saya : Sikam sangamianak sihat kaunyin mbay [Kami sekeluarga sehat mbay]
Saya: Pangasaku niku kaliagan kurus, ulah api ?? [Perasaan ombay keliatan kurus, kenapa ya]
Ombay : Sanipa lagi, badan kok tuha, mak juk niku lok kok mugkra, mongan mih cutik bugawoh [Bagaimana lagi, ombay sudah tua, tidak seperti kamu yang masih muda, makan juga sedikit]
Saya : Nah, amun juk sina mongan sinomon mbay,  makhrik ngegomuk, juk nyak na , tolunga piring sakali mongan [Nah, kalau seperti itu makan yang banyak mbay, supaya gemuk kayak saya, 3 piring sekali makan]
Ombay : (tertawa sambil senyum), aihh niku ja…. [ah kamu ini bisa saja]
……………..
Ya diatas adalah salah satu cuplikan perbincangan antara saya dan ombay disamping berdiskusi tentang hal-hal lain, biasanya kalau saya bertemu ombay saya minta untuk diceritakan silsilah keluarga agar saling mengenal antar anggota keluarga. Dengan memori yang sangat kuat ombay biasanya menjelaskan kisah dan garis saudara/keluarga baik dari pihak akas maupun ombay.

O iya hampir lupa untuk menceritakan Pasangan hidup ombay yaitu Akas, ombay menikah dengan Alm. Akas Hi. Prabu Asnawi (Gelar Akas Prabu) yang juga merupakan putra asli Kumoring Minanga, Kakek Buyut saya adalah Poyang  Alm. Hi. Matjik, ombay pernah menceritakan kisah naik haji Moyang Alm. Hi. Matjik yang menempuh lama waktu sekitar 6 bulan lamanya untuk menunaikan ibadah haji, kala itu hanya transport laut yg ada, mungkin ini penyebab lamanya waktu ibadah haji kala itu.

Read more…

Akreditasi BAN PT – Persiapan Evaluasi Program Studi Teknik Elektro Universitas Lampung

November 17th, 2011 No comments

Pagi ini saya akan posting terkait dengan BAN, ban disini tidak ada hubungannya dengan ban luar, ban dalem, maupun ban serep :-D. BAN disini merupakan sebuah Lembaga khusus yang pekerjaannya adalah melakukan evaluasi terhadap perguruan Tinggi.

Dimulai dengan sejarah, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sendiri dibentuk oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1994 dengan tugas melakukan akreditasi terhadap perguruan tinggi. Pada awal pembentukannya BAN-PT telah memutuskan untuk melakukan terlebih dahulu akreditasi program studi, dengan alasan bahwa program studilah yang menentukan mutu hasil pendidikan dan kenyataan bahwa tingkat mutu program studi beragam.

Sejak dibentuk pada tahun 1994 sampai akhir tahun 2008, BAN-PT telah berhasil melakukan akreditasi terhadap 9288 program studi dari perguruan tinggi negeri, swasta, keagamaan, dan kedinasan, yang meliputi program diploma (1503 program studi), sarjana (6977 program studi), magister (749 program studi) dan doktor (59 program studi). Dalam dua tahun terakhir telah pula dilakukan akreditasi terhadap 80 institusi perguruan tinggi negeri dan swasta.

Mengingat Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, PP RI Nomor 19 tahun 2005 dan peraturan perundang-undangan lainnya serta kecenderungan perkembangan kebijakan tentang pendidikan tinggi yang menekankan pada mutu dan akuntabilitas publik institusi perguruan tinggi dan program studi maka diperlukan akreditasi program studi sarjana.  Instrumen akreditasi tahun 2008 ini telah disusun dengan mempertimbangkan perkembangan aspek legal peraturan perundang-undangan dan tuntutan praktek-praktek proses akreditasi terbaik yang berlaku secara internasional (international best practices).
(saya kutip dari buku 1 Naskah Akademik BAN PT – 2008)

Program Studi Sarjana.
Akreditasi program studi sarjana adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami penyelenggaraan program akademik program studi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi.

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu program studi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tujuan dan manfaat akreditasi program studi adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu.
  2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

Standar akreditasi adalah tolok ukur yang harus dipenuhi oleh  program studi sarjana. Standar akreditasi terdiri atas beberapa parameter (indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar (1) penyajian data dan informasi mengenai kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  program studi sarjana, yang dituangkan dalam instrumen akreditasi; (2) evaluasi dan penilaian mutu kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  program studi sarjana, (3) penetapan kelayakan  program studi sarjana untuk menyelenggarakan program-programnya; dan (4) perumusan rekomendasi perbaikan dan pembinaan mutu  program studi sarjana.
Standar akreditasi  program studi sarjana mencakup standar tentang komitmen program studi sarjana terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:

Standar 1.     Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
Standar 2.     Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu
Standar 3.     Mahasiswa dan lulusan
Standar 4.     Sumber daya manusia
Standar 5.     Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
Standar 6.     Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
Standar 7.     Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama
Read more…

Tunggangan pertama yang bersejarah, Kisah Gas ,Lohan dan Antena Yagi

November 16th, 2011 No comments

Pagi ini sebelum memulai aktifitas , mencoba bernostalgia dahulu mengenang masa lalu, terlintas untuk menulis berkenaan dengan alat transportasi yang pertama kali saya gunakan ketika kuliah S1 dulu. Honda GL Max besutan tahun 1995 seperti tampak pada gambar di samping kiri, adalah kendaraan bermotor pertama yang saya miliki,  motor ini dibelikan oleh orang tua saya tepat di awal semester 3,  kala itu sebetulnya saya tidak membutuhkan motor karena sejak semester 1 saya lebih memilih untuk berjalan kaki dari rumah tinggal (rumah paman di Perum Polri Hajimena)  menuju ke kampus Unila, biasanya setiap pagi saya berjalan kaki menuju kampus dengan rute, BlokC–BlokB–BlokD–BLOKE–PuspaSari–JalanRaya Bypass–Damri–Perguruan–Alkautsar–Terakhir masuk lewat kampus belakang Unila, jarak tempuh perjalanan tidak terlalu jauh, kira-kira berjarak 4 KM, entah berapa banyak sepatu kets yang rusak karena melewati jalan aspal berkerikil tajam,  rute yang sama pun saya lalui menuju ke tempat kediaman, biasanya saya memilih pulang dekat-dekat magrib guna menghindari cuaca  terik. Berjalan seiring waktu masuk semester 3 dimana jadwal kuliah dan praktikum lagi padat-padatnya, juga aktif di wadah Himpunan, akhirnya orang tua tersayang memutuskan membeli kendaraan roda dua demi mendukung kelancaran operasional  aktifitas perkuliahan, mendengar kabar ini saya sangat gembira sekali, hingga susah tidur sembari membayangkan sangat terbantunya akan kehadiran kendaraan ini.

Kemudian dengan semangatnya sayapun mengumpulkan informasi terkait kendaraan bekas yang dijual baik di media koran, info teman, tetangga. Dengan pertimbangan budget serta hasil diskusi dengan kedua orang tua akhirnya saya memutuskan untuk membeli motor milik saudara tetangga saya yakni Honda GL Max tahun 1995,  saya pilih motor second ini karena mesin masih dalam kondisi prima, penampakan juga ok, motor kopling, tanpa fikir panjang saya pun membayar motor ini dengan harga 6,5 juta, transaksi dilakukan pada malam hari melibatkan paman sebagai saksi, malam itu pula merupakan malam pertama paling bersejarah dalam hidup saya akhirnya dapat menunggangi motor sendiri, saya pun berjanji dalam hati akan menjaga dan merawat amanah ini dengan sebaik-baiknya.   Singkat cerita motor inilah yang menemani setiap langkah dan gerak semenjak semester 3 hingga tamat kuliah. Alhamdulillah selama dipakai jarang rewel karena memang motor ini saya rawat dengan baik (Oli rutin diganti, Cuci rata-rata seminggu sekali, sesekali pasang asesoris), hmm kalo saya ingat ingat memang pernah beberapa kali mogok itu juga karena keabisan bensin karena uang di dompet lagi kosong 😀 .

Tanpa terasa sudah tiba di semester 4,  libur semester genap tahun 2002 pun tiba, nah libur semester genap kala itu cukup lama kira-kira sekitar 3 bulan dari Agustus hingga ke Otober, di tengah kawan-kawan lain sibuk berfikir untuk pulang kampung atau bertamasya saya malah berfikir lain, bagaimana caranya dengan tempo waktu 3 bulan tersebut agar saya dapat memiliki komputer sendiri agar membantu aktifitas perkuliahan mengingat biasanya untuk mengerjakan tugas dan belajar saya sering minjam komputer teman atau nongrong di rental komputer.  Koran pun menjadi alternatif utama untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan info-info lowongan kerja partime diseputaran Bandar Lampung, matapun selanjutnya tertuju pada kolom koran informasi lowongan perusahaan GAS, dengan informasi yang tidak begitu jelas mereka mencantumkan lowongan kerja parttime di perusahaan gas (PT. Budaya Agung Lestari Indonesia kalo tidak salah namanya bergerak di konsultan Gas),  Engkol motor kesayangan lalu bergegas saya pun membawa berkas lamaran beserta biodata menuju Kaliawi (Alamat Kantor Tsb) siapa tau ada jodoh mendapatkan penghasilan tambahan  untuk membeli komputer.

Setiba disana setelah wawancara singkat mereka memutuskan untuk menerima saya sebagai karyawan baru tanpa memberikan gambaran pekerjaan yang jelas, sempat bingung tapi sudahlah yang penting sudah diterima dan saya diminta untuk datang ke kantor tepat waktu pukul 07.00 teng. Malam harinya saya pun tidak sabar sudah membayangkan sudah mulai masuk kerja untuk kali pertama, tepat pukul 06.30 sudah bertolak dari kediaman menuju ke kantor dan tiba tepat waktu pukul 07.00 . Motor pun saya parkir di kantor, lalu ada 2 orang mentor yang menghampiri saya dan mengkalim bahwa saya adalah salah satu dari member mereka dan siap untuk memulai bekerja, setelah briefing mentor mentor utama selesai (karyawan baru nunggu diluar) akhirnya saya diajak oleh kedua mentor saya tadi untuk mulai bekerja, hmmm saya bingung kok diajak naek angkot menuju ke arah WayHalim.  Itss ok lah saya jambanin sembari menahan rasa penasaran gimana sih bentuk kerjanya, tak lama waktu berselang kami pun tiba di daerah WayHalim (Perumahan Padat di BDL) kami bertiga mulai berjalan menyusuri area Wayhalim, saya pun memberanikan diri untuk bertanya kok “kita kerja jalan masuk ke Perumahan yah ??”, mentor menjawab “Tenang saja kamu Ikuti bagaimana kami bekerja” , ok saya pun lalu tidak banyak komentar lagi sembari mengikuti setiap gerak kerik mentor, tibalah kami di sebuah rumah yang cukup besar, dengan ligatnya salah satu mentor (lupa namanya) memencet bel berulang kali kemudian tuan ruman (ibu-ibu) keluar dari rumah, dengan gaya yang meyakinkan mentor membawa sebuah berkas bertulis Partner Pertamina dan menginformasikan kepada Ibu tersebut bahwa perlu diadakan perawatan rutin terhadap Kompor Gas dan Perangkat pendukung lainnya atas alasan keamanan,  mungkin karena berfikir kami adalah partner pertamina (ditunjukkan dengan surat2 tadi) lantas ibu tersebut mengizinkan kami untuk memeriksa kondisi kompor gas berikut selang dan tabung gas, kembali lagi dengan gaya meyakinkan mentor menjelaskan bahwa selang gas si Ibu tadi tidak standar dan mengancam jiwa apabila masih tetap digunakan, khawatir apabila terjadi apa-apa Ibu tadi memutuskan untuk mengganti selang gas dan mentor dengan sigap mengeluarkan selang baru dari tasnya, setelah proses instalasi selesai kami pun meninggalkan rumah tersebut dan meninggalkan semacam kartu kontrol pengecekan secara rutin.

Nah dari sini barulah saya tersadar bahwasanya perkerjaan yang saya lakukan adalah menjadi sales penjualan barang-barang berkaitan dengan kompor gas,  sempet mesem-mesem sendiri waduh kok Calon Sarjana kerjaan nya begini yahh…. hehehehe.. 😀 , tapi never mind walau bagaimanapun proses ini harus tetap saya lewati.

Read more…

Perolehan Medali Sea Games XXVI (updated 16/11/2011)

November 16th, 2011 No comments

Dihari ke-6 perhelatan Sea Games XXVI 2011, posisi Indonesia masih unggul 78 emas, 60 perak, dan 60 perunggu atas Thailand yang mengumpulkan 48 emas, 35 perak, dan 57 perunggu. Semoga Indonesia bisa mencapai prestasi sebagai juara umum yang ke-10 kali dalam sejarah Sea Games berlangsung. Terakhir Indonesia juara umum pada SEA Games XIX 1997, Jakarta, Indonesia. Berikut perolehan medali Sea Games XXVI versi updated 16 November 2011, Jam 01.30 dini hari).

giyim, giyim bayilik”>Giyim bayilikAdıyamanen yakın elektrik?ifilmi full izleerkek kemer modellerioto ekspertizeba, e okulGiyim BayilikKış lastiği fiyatlarıBağcılar elektrik?iGiyim bayilikAdıyamanen yakın elektrik?ifilmi full izleerkek kemer modellerioto ekspertizeba, e okulGiyim Bayilik

Sore menjelang Magrib – Clocks By Cold Play

November 15th, 2011 No comments

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=XbI1FpLd4Vk]

The lights go out and I can’t be saved
Tides that I tried to swim against
Have brought me down upon my knees
Oh I beg, I beg and plead singing

Come out of things unsaid
Shoot an apple off my head and a
Trouble that cant be named
A tiger’s waiting to be tamed singing

You are
You are

Confusion never stops
Closing walls and ticking clocks
Gonna come back and take you home
I could not stop that you now know singing

Come out upon my seas,
Cursed missed opportunities
Am I a part of the cure
Or am I part of the disease, singing

You are, you are, you are
You are, you are, you are

And nothing else compares
And nothing else compares
And nothing else compares

You are
You are

Home, home where I wanted to go
Home, home where I wanted to go
Home, home where I wanted to go
Home, home where I wanted to go quot;http://www.baytanelektrik.com/bagcilar-elektrikci.html” title=”Bağcılar elektrik?i”>Bağcılar elektrik?iGiyim bayilikAdıyamanen yakın elektrik?ifilmi full izleerkek kemer modellerioto ekspertizeba, e okulGiyim BayilikKış lastiği fiyatlarıBağcılar elektrik?iGiyim bayilikAdıyamanen yakın elektrik?ifilmi full izleerkek kemer modellerioto ekspertizeba, e okulGiyim Bayilik

Categories: Blogosphere Tags:

Test Buta Warna

November 15th, 2011 No comments

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang wanita terdapat istilah ‘pembawa sifat’ hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna. Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. http://id.wikipedia.org/wiki/Buta_warna.

Saya kutip dari website http://www.toledo-bend.com/colorblind/Ishihara.asp  kita dapat melakukan pengecekan mata secara langsung apakah termasuk buta warna atau tidak,  dengan memperhatikan gambar dibawah

Read more…

Kisah Para Nabi dan Rosul

November 15th, 2011 No comments

Saya post disini http://gigihfordanama.wordpress.com/category/kisah-nabi-dan-rosul , hasil dari download buku kisah perjalanan Nabi dan Rosul  yang diproduksi oleh Persona Wiyata Learning Center , semoga penulis buku ini mendapat pahala yang terus mengalir atas dokumentasi kisah para Nabi dan Rosul. aminn ya robbal alamiin.

Sekilas Prakata Buku ;

Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya. Ciri-ciri mereka dikemukakan dalam Al-Qur’an,

“… ialah orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan.”  (Q.S. Al Ahzab : 39).

Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah : seorang Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT guna disampaikan kepada segenap umatnya. Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :

1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).

2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).

3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).

4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).

5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).

Di dunia ini  telah banyak Nabi dan Rasul telah diturunkan, tetapi yang wajib diketahui oleh umat Islam adalah sebanyak 25 Nabi dan Rasul, yaitu : Read more…

Categories: Kisah Nabi Dan Rosul Tags:

NABI MUHAMMAD SAW

November 15th, 2011 No comments

NABI MUHAMMAD SAW

Pada waktu umat manusia dalam kegelapan dan suasana jahiliyyah, lahirlah seorang bayi pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah di Makkah. Bayi yang dilahirkan bakal membawa perubahan besar bagi sejarah peradaban manusia. Bapa bayi tersebut bernama Abdullah bin Abdul Mutallib yang telah wafat sebelum baginda dilahirkan iaitu sewaktu baginda 7 bulan dalam kandungan ibu. Ibunya bernama Aminah binti Wahab. Kehadiran bayi itu disambut dengan penuh kasih sayang dan dibawa ke ka’abah, kemudian diberikan nama Muhammad, nama yang belum pernah wujud sebelumnya.
Read more…

NABI ISA AS

November 15th, 2011 No comments

NABI ISA AS

Seorang lagi Nabi Allah yang diceritakan dari kecil di dalam al-Qur’an ialah Isa. Baginda diutus kepada kaum Bani Israil dengan kitab Injil yang diturunkan sebelum al-Qur’an.

Di dalam al-Qur’an, Nabi Isa disebut dengan empat panggilan iaitu Isa, Isa putera Mariam, putera Mariam, dan al-Masih.

Ibunya seorang yang sangat dimuliakan Allah. Dia memilihnya di atas semua perempuan di semua alam. Firman-Nya, “Dan ketika malaikat-malaikat berkata, ‘Wahai Mariam, Allah memilih kamu, dan membersihkan kamu, dan Dia memilih kamu di atas semua perempuan di semua alam'” (3:42).
Read more…

Categories: Kisah Nabi Dan Rosul Tags: